Inilah 12 Daftar Film Kekerasan Seksual. Jaga Keluarga Karena Ancaman Pelecehan Ada Di mana-mana!

Daftar film kekerasan seksual

Inilah 12 Daftar Film Kekerasan Seksual – Di Indonesia kasus kekerasan seksual sedang marak terjadi. Tidak hanya mengincar orang dewasa, mirisnya banyak pula anak-anak yang menjadi korban. Korbannya pun tidak mengenal jenis kelamin karena ada pula korban berjenis kelamin laki-laki namun tidak lebih banyak dibanding korban perempuan.

Sebagai bahan edukasi maka dibuatkan film tentang kekerasan seksual. Dikemas dengan cerita yang sangat baik, sehingga penonton bisa memahami jika siapapun bisa terancam menjadi korban kekerasan seksual .

Berikut daftar film kekerasan seksual yang bisa membuat kita sadar bahwa pelecehan seksual ternyata sangat umum terjadi serta bisa menimpa dan dilakukan oleh siapa saja.

12 Judul Film Pelecehan Seksual

Berikut daftar judul film dan sedikit ulasannya.

1. Precious (2009)

Di deretan pertama ada film Precious yang diangkat dari novel berjudul ‘Push’. Bercerita tentang kisah pilu seorang remaja yaitu Claireece atau yang biasa disapa Precious. Memiliki tubuh gemuk dan berkulit hitam, kerap kali membuat Precious dipandang sebelah mata.

Precious mempunyai karakter kuat dan tegar meski ia tidak memiliki teman. Kerap dianiaya secara fisik oleh ibunya sendiri, bahkan pernah  diperkosa oleh ayah kandungnya hingga dua kali hamil. Sangat tragis!

2. Film Pelecehan Seksual: Unbelievable (2019)

Terispirasi dari kisah nyata pada awal tahun 2000-an, Unbelievable mengisahkan kembali kasus perkosaan berantai yang menimpa beberapa wanita di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Tidak hanya berfokus pada investigasi yang dilakukan oleh tim detektif, tetapi juga menggarisbawahi kecenderungan masyarakat untuk melakukan victim blaming. 

Yang menarik dari Unbelievable adalah dua detektif yang mengungkap kasus tidak manusiawi ini adalah perempuan. Mereka dibantu oleh para korban yang secara berani melapor dan memberikan keterangan sedetil mungkin. Kisah ini membuktikan bahwa perempuan pun berdaya dan tak selalu identik dengan persaingan dan kelemahan.

3. Trust (2010)

Di era digital ini internet memang sudah menjadi kebutuhan. Namun jangan sampai salah menggunakannya karena siapa sangka di dalamnya juga ada unsur kejahatan. Berhati-hatilah jika kenalan dengan orang-orang dari internet seperti pada film Trust ini. Mengisahkan seorang anak perempuan berusia 14 tahun bernama Annie yang diberikan laptop oleh orangtuanya.

Lalu ia berkenalan dengan seorang laki-laki lewat internet dan tanpa ragu setuju untuk menemuinya. Tapi setelah bertemu, Annie pun kaget karena ternyata laki-laki tersebut merupakan orang dewasa yang menyamar menjadi remaja dan berakhir memperkosa Annie.

4. Film Pelecehan Seksual: Hope (2013)

Film pelecehan seksual berikutnya bersalah dari Korea Selatan yang berjudul Hope. Hope mengisahkan So Won yakni seorang anak perempuan berusia 8 tahun yang menjadi korban kekerasan seksual dan mengalami trauma berat.

Awal kejadian yaitu ketika So Won hendak pergi ke sekolah, lalu ia diperkosa secara sadis oleh seorang laki-laki di sebuah toilet umum. Pasca kejadian tersebut, So Won tidak hanya mengalami luka kritis, namun juga menyebabkan mengalami PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) dan takut bertemu laki-laki dewasa termasuk papa kandungnya sendiri.

5. Spotlight (2015)

Diangkat dari kisah nyata, film ini menggambarkan kasus pelecehan seksual anak oleh beberapa pastur Gereja Katolik Roma di Boston, Amerika Serikat. Tidak mudah bagi Spotlight yang merupakan tim dari media The Boston Globe untuk menyelidiki kasus ini. Mirisnya karena dampak psikis, terdapat beberapa korban sampai melakukan bunuh diri.

6. Room (2015)

Film ini dibintangi oleh Brie Larson tayang pada tahun 2015 lalu. Room bercerita tentang Joy yang menjadi korban pemerkosaan bahkan hingga hamil yang melahirkan seorang anak laki-laki bernama jack. Disekap selama bertahun-tahun dalam ruangan tanpa jendela, keduanya pun berusaha keluar dari ruangan tersebut.

7. The Hunting Ground (2015)

Daftar film kekerasan seksual berikutnya bercerita tentang kisah pelecehan seksual yang dialami oleh dua orang mahasiswa di kampus mereka. Mirisnya, pihak Universitas justru bungkam dan tidak menanggapi laporan keduanya. Pada akhirnya dua mahasiswa tersebut bergerak memperjuangkan keadilan bersama korban lainnya.

8. Audrie & Daisy (2016)

Film Netflix pada tahun 2016 ini mengisahkan tentang perjuangan dua orang siswi SMA bernama Audrie dan Daisy yang menjadi korban pelecehan seksual. Mirisnya lagi mereka menjadi korban cyber bullying akibat foto yang tersebar di media sosial.

9. Three Billboards Outside Ebbing Missouri (2017)

Film yang dirilis tahun 2017 ini menceritakan kisah pilu seorang ibu tunggal bernama Mildred yang memiliki seorang putri bernama Angela. Angela menjadi korban pemerkosaan sekaligus pembunuhan.

Mildred memilih berjuang seorang diri mencari tersangka pemerkosa Angela setelah tidak ada perkembangan dari pihak kepolisian mengenai kasus yang menimpa anaknya.

10. Film Pelecehan Seksual: Working Woman (2018)

Berkisah tentang perjuangan seorang ibu, Orna, dengan ketiga anaknya. Karena suaminya sedang berjuang membangun bisnis restoran, membuat sang ibu harus turut bekerja demi membantu perekonomian keluarga.

Direktur perusahaan tempat ia bekerja ternyata punya kecenderungan melakukan tindak pelecehan. Perjuangan Orna diuji karena harus menyeimbangkan perlawanannya terhadap ancaman pelecehan seksual dengan kebutuhannya untuk mempertahankan pekerjaannya demi keluarga. Menyabet banyak pujian karena film ini  mampu memberikan gambaran sosok perempuan berani bahkan di tengah krisis.

11. Bombshell (2019)

Lagi-lagi di angkat dari kisah nyata, yaitu pelecehan yang terjadi di lingkungan kantor. Adalah pimpinan Fox News Channel, CEO Roger Ailers telah melakukan kekerasan seksual pada karyawan perempuannya sejak tahun 1960. Sedikitnya ada lebih dari 20 perempuan mengalami kekerasan seksual oleh Roger, baik secara fisik maupun verbal.

12. Penyalin Cahaya (2021)

Kali ini datang dari Indonesia berjudul Penyalin Cahaya. Film bergenre drama misteri ini bercerita tentang Sur yang diduga telah mencemarkan nama baik Fakultas karena swafotonya beredar dalam keadaan mabuk.

Namun karena mabuk, Sur tidak mengingat kejadian di pesta kemenangan teater kampusnya tersebut. Peristiwa itu membuat Sur harus kehilangan beasiswanya. Lalu, Sur meminta bantuan Amin yang merupakan teman masa kecilnya untuk mengungkapkan misteri apa yang terjadi pada dirinya di malam pesta itu.

Itulah 12 daftar film kekerasan seksual yang bisa menjadi pembelajaran tersendiri dan membuat masyarakat lebih peduli terhadap kasus kekerasan seksual.