Film Leonardo DiCaprio Terbaik: Drama, Action, Biografi

film leonardo dicaprio

Aktor Leonardo DiCaprio sudah lama malang melintang di jagat sinema dunia. Beberapa filmnya sukses. Sebagian malah layak jadi film Leonardo DiCaprio terbaik sepanjang karier hidupnya.

Bernama lengkap lengkap Leonardo Wilhelm DiCaprio, kiprahnya di dunia film profesional pada tahun 1991, saat itu dia masih terlihat culun, memerankan tokoh Josh. Dia harus menghadapi monster yang menggelikan. Meskipun film tersebut low budget, Caprio senang karena sejak itulah dia meniti karier filmnya lumayan mulus.

Baru pada tahun 1993, Caprio muda langsung mencuri perhatian publik pencinta film Amerika. Dalam film Leonardo DiCaprio bertajuk What’s Eating Gilbert Grape, dia masuk nominasi Academy Award pertama kalinya. Dalam ajang Piala Oscar itu, dia masih berusia 19 tahun dengan menokohi peran Arnie Grape.

Masih pada era 1990-an, Caprio membuat banyak kesengsem gadis-gadis penyuka film drama. Berpasangan dengan Claire Danes, Caprio menjadi bintang utama film Romeo+Juliet, berdasarkan kisah klasik  drama panggung William Shakespeare. Lewat film drama remaja ini, 1997, DiCaprio merengkuh Silver Bear sebagai Aktor Terbaik di perhelatan Festival Film Berlin.

Namun, titik pijak penting karier sinemanya, banyak orang menilai bahwa film Titanic yang menggiringnya jadi bintang populer hingga kini. Berperan sebagai Jack, aktor ini berduet akting dengan Kate Winslet, yang melakoni karakter Rose. Film Leonardo DiCaprio itu pun fenomenal. Film ini laris di pasaran sebagai film box office, juga menyabet film 11 Piala Oscar 1998, termasuk sebagai Film Terbaik.

Nah, berikut adalah deretan film Leonardo DiCaprio terbaik, berdasarkan urutan perilisan filmnya. Di antaranya adalah film yang mengantarkan dia masuk dalam  perebutan Piala Oscar (Academy Award) dan penghargaan lainnya.

 

Film Terbaik Leonardo Dicaprio

 

Grape in What’s Eating Gilbert Grape (1993)

 

Bintang film ini beradu akting dengan aktor lebih senior darinya, Johny Depp. Dalam film besutan Peter Hedges itu, Caprio berperan sebagai Arnie. Dia anak cacat mental, adik Gilbert(Johny Depp).

Berkat totalitas aktingnya sebagai Arnie, akhirnya para juri Academy Award memilihnya masuk nominasi Oscar 1994.

 

Titanic (1997)

 

Seperti dalam penjelasan tadi, Titanic adalah film yang melesatkan nama aktor tersebut di kancah industri sinema. Karena film besutan James Cameron inilah,Caprio menjadi salah satu aktor mahal untuk film-film berikutnya.

Dalam film tersebut, Caprio berperan sebagai Jack, seorang pemuda miskin, penumpang gelap kapal Titanic. Dia bertemu dengan gadis cantik dan kaya bernama Rose. Keduanya pun menjalin cinta, semula romantis, tapi berakhir tragis. Kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Atlantik.

Catch Me If You Can (2002)

 

 

Salah satu film drama  biografi dengan cerita unik, yang membuat Caprio akhirnya masuk nominasi kategori Aktor Terbaik pada ajang Gloden Globe 2003. Beruntung, dia mendapatkan arahan sutradara kelas kakap, Steven Spielberg, hingga dia bisa mengadu akting dengan aktor watak Tom Hanks secara cemerlang.

Dalam film ini, dia melakoni tokoh seorang pilot licik dan curang bernama Frank. Dia berotak kriminal selagi menjadi pilot, sering menyeludupkan barang-barang melalui pesawatnya. Sang agen FBI, Carl Hanratty (Tom Hanks) berupaya menciduk Frank, tapi sulit untuk menangkapnya, Frank adalah penjahat selicin belut.

 

The Aviator (2004)

 

 

Selain Catch Me If You Can, Leonardo bermain dalam film drama biografi bertajuk The Aviator. Dalam film besutan Martin Scorsese, keaktingannya sebagai sosok ikonik pilot bernama Howard Hughes mengantarkannya dia sebagai nominee pada Academy Award tahun 2005.

Kisahnya tentang perjalanan hidup bernama Howard Hughes pada tahun 1913. Howard juga ternyata berbakat jadi sutradara film. Tapi kemudian banting setir jadi pilot pesawat H-1 Racer pada tahun 1935. Dia bahkan berkeliling dunia dengan pesawat tersebut.

 

Blood Diamond (2006)

 

Kali ini Leondardo lebih banyak beraksi dalam adegan-adegan action petualangan. Lawan mainnya adalah Djimon Honsou. Berperan sebagai Dannie Archer, aktor ini masuk nominasi Aktor Terbaik warsa 2007 di ajang Piala Oscar dan Globe Globe, termasuk juga Djimon Honsou.

Ceritanya tentang penyelidikan penambangan berlian illegal di negeri Sierra Leone. Dannie berhasil menyelundup ke are berbahaya penambangan. Dia bertemu Solomon, seorang penambang yang sempat menyantroninya. Hingga terjadi lah konflik berdarah di tengah peperangan untuk memperebutkan berlian.

The Departed (2006)

 

 

Tahun 2006, Leonardo sangat sibuk sebagai aktor utama. Selain bermain dalam film Blood Diamond, dia kembali mendapatkan kepercayaan dari sutradara Martin Scorsese untuk memerankan tokoh Billy Costigan, Jr. Karena ini pula Caprio masuk nominasi kategori Aktor Terbaik pada perhelatan Golden Globe 2007.

Kisahnya tentang perjalanan hidup Billy Costigan yang berprofesi sebagai polisi di  Kepolisian Massachusetts. Tapi dia terjebak fitnah penyerangan pada seseorang tokoh penting. Ternyata di balik itu, ada sisi gelap di kepolisian terkait suap, korupsi, dan penimbunan barang bukti.

 

Inception (2010)

 

Kembali, aktor ini mendapatkan tawaran penting dari sutradara besar selain Martin Scorsese. Kali ini berasal dari Christopher Nolan.

Dalam film unik, imajinatif, dan surealis itu, Leonardo berperan sebagai Dom Cobb. Lagi-lagi lantaran aktingnya dalam film ini, DiCaprio masuk nominasi lagi penghargaan Golden Globe 2011.

The Wolf of Wall Street (2013)

 

 

Salah satu film pembeda bagi Caprio. Demi perannnya sebagai pialang saham dan pebisnis licik Jordan Belford, yang memporak-porandakan harga saham di Wall Street, New York. Lagi-lagi dia  mendapatkan tawaran main lagi dari sutradara kondang, Martin Scorsese untuk film biografi.

Karena film yang berdasarkan kisah nyata, Caprio masuk kembali sebagai nominee Aktor Terbaik pada Academy Awards warsa 2014, juga sebagai nominee pada Golden Globe Awards pada tahun yang sama dalam kategori Aktor Komedi Terbaik.

The Revenant (2015)

 

 

Inilah film terbaik Leonardo DiCaprio selama menjejaki kariernya di industri sinema. Setelah berkali-kali gagal menggondol Piala Oscar Academy Awards, kali ini Caprio berhasil mencium penghargaan itu sebagai tanda pencapaian puncaknya sebagai aktor.

Berperan sebagai Hugh Glass, keaktingan aktor ganteng ini benar-benar teruji. Totalitasnya layak menerima jempol. Sang sutradara, Alejandro González Iñárritu benar-benar menggodok mental dan otak Caprio dalam film ini. Dia harus berkali-kali bergelut dengan salju, sungai teramat dingin demi memerankan Hugh Glass, yang bertugas memandu rombongan perang yang sedang berburu. Glass bertemu suku Arikara yang memancing konflik pertempuran dengan rombongan itu.

Once Upon a Time in Hollywood (2019)

 

 

Sebelumnya, aktor ini pernah menerima pinangan dari sutradara Quentin Tarantino untuk proyek film Django Unchained (2012). Nah, dia kembali terlibat lagi pada produksi fillm Tarantino. Caprio  bermain dalam film drama komedi bernuansa biografi fiksi bertajuk Once Upon a Time in Hollywood. Berperan sebagai Rick Dalton, aktor ini beradu akting dengan Brad Pitt, yang melakoni tokoh Cliff Booth.

Kisahnya tentang dua sahabat, Rick Dalton dan rekannya, Cliff Both untuk menaklukan kota Los Angeles sebagai bintang televisi. Tapi mereka banyak menemukan intrik, manipulasi, dan kepura-puraan yang membuatnya jemu menjalani kehidupan di dunia selebritis.

 

Demikianlah ulasan tentang sekumpulan film terbaik Leonardo DiCaprio. Rata-rata filmnya berbudget mahal. Dia juga selalu mendapatkan pengarahan sutradara kelas wahid. Meskipun ada perannya selagi muda yang kurang bersinar, sekitar tahun 90-an, justru era itulah yang jadi titik penting kariernya untuk terus menanjak di tangga popularitas.

Pada masa mendatang, Industri Hollywood pasti masih membutuhkan peran Leonardo DiCaprio, film dia selalu berpotensi jaminan mutu. Sampai kapankah aktor ganteng ini bermain juga dalam film Indonesia? Siapa tahu, itu bisa juga terjadi.

 

MAU STREAMING VIDEO DENGAN INTERNET LANCAR,
TINGGAL PILIH SAJA, VPN MANTAP ATAU MOOVE VPN,
YANG TERSEDIA DI PLAYSTORE DI BAWAH INI

 

Google Play