Rekomendasi Film Detektif Terbaik

film detektif terbaik

Kreativitas penulis skenario dan cara mengarahkan adegan dari sutradara sangat menentukan garapan film detektif terbaik. Kamu suka film yang mana?

Film detektif selalu menarik. Daya tariknya, penonton selalu ingin mengikuti jalan cerita hingga akhir.  Kreativitas penulis skenario dan cara mengarahkan adegan dari sutradara sangat menentukan garapan film detektif terbaik. Kamu suka film yang mana?

Peran detektif akan berkualitas kalau memiliki kualifikasi seperti polisi (meskipun dalam kepolisian ada juga detektif). Tapi dalam konteks film detektif, rata-rata profesi ini menjadi pekerjaan swasta atau di luar aparat resmi, yang populer berjuluk detektif swasta.

Lantaran keunikan profesi ini, banyak produser film, terutama di industri Hollywood tertarik ingin mengangkat karakter detektif ke layar lebar. Yang paling kentara dan populer, contohnya adalah film tentang detektif yang bertajuk Sherlock Holmes. Film besutan Guy Ritchie ini sudah menjadi trilogi Rata-rata sukses. Maklum, Sherlock Holmes berdasarkan novel detektif karya Sir Arthur Conan Doyle.

Lalu adakah film misteri terbaik, yang subjek tokoh utamanya adalah detektif? Tenang. Selain kami ulas sepintas tentang Sherlock Holmes, kamu yang belum tahu, bisa mengenal juga film detektif terbaik lainnya. Yuk, kita simak satu per satu.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Sherlock Holmes (2009)

Inilah salah satu film detektif terbaik sepanjang masa. Kekuatan utamanya tentu pada karakter Sherlock Holmes, yang begitu klop dan komikal dimainkan sang “Iron Man”. Robert Downer Jr. Dia berduet akting dengan aktor Inggris, Jude Law yang berlakon sebagai Dr. John Watson.

Sang sutradara, Guy Richie berhasil menarasikan persahabat Sherlock Holmed dan Dr John Watson demikian dinamis. Selalu ada konflik di antara mereka, tapi sering juga muncul kelucuan ketika menyelidiki sesuatu, khususnya dalam membongkar sekte sesat di Inggris yang ketuanya seorang master mind, yang misterius.

Karena film ini memperlihatkan kecerdasan penyelidikan yang tak terduga meski kasusnya rumit, banyak penonton yang menantikan kiprah detektif ini selanjutnya. Dan Guy Ritchie sudah mewujudkannya.

Murder On The Orient Express (2017)

 

Sama seperti Sherlock Holmes, film besutan sineas Inggris, Kenneth Branagh ini berdasarkan novel kreasi Agatha Christie. Kamu yang sukan novel dia, pasti sudah tak asing dengan sepak terjang para tokoh detektifnya.

Nah dalam film tentang detektif ini, tokoh utamanya adalah detektif legendaris asal Belgia, bernama Hercule Poirot. Meskipun karakter rekaan, Poirot amatlah terkenal melalui buku-buku Agatha Christie. Dalam film ini Kenneth Branagh melakoni langsung karakter Poirot.

Murder On The Orient Express menuturkan kisah penyelidikan pembunuhan berencana di gerbong kereta api mewah yang dikenal dengan The Orient Express. Dia harus menyelidiki setiap penumpang yang berada di dalam keretta api mewah itu.

Film ini dibintangi aktor dan aktris kelas wahid. Selain Kenneth Branagh sendiri, kamu bisa lihat akting Johnny Depp, Penelope Cruz, Judi Dench, serta Willem Dafoe.

 

Knives Out (2019)

 

 

Apa jadinya kalau aktor Daniel Craig yang terkenal menjadi James Bond, berkutat sebagai detektif swasta yang harus menyelidiki kasus yang rumit? Kamu harus tonton film Knives Out.

Daniel Craig melakoni detektif cerdas bernama Benoit Blanc. Dia harus menyelidiki misteri kematian Harland Thrombey, penulis novel misteri dengan harga begitu melimpah. Dia memiliki beberapa anak yang menanti-nanti mendapatkan jatah warisan terbanyak pasca kematian ayah mereka itu.

 

Searching (2018)

 

Ini termasuk film misteri terbaik dewasa ini. Alasannya, Searching berasal ide cerita istimewa tentang ayah yang single parent, penasaran ingin menemukan gadisnya yang hilang secara misterius.

Sang ayah asal Korea bernama David Kim (diperankan sangat natural oleh aktor John Cho). Dia bekerja sama dengan detektif Rosemary Vick untuk menemukan Margot, anaknya itu. David sulit mengontak lagi Margot. Dia pun mencoba menelusuri jejak digital anaknya itu, hingga membongkar foto-foto Margot sejak kecil hingga remaja. Akhirnya dia berhasil menemukan benang merah atas kehilangan gadis kesayangannya itu.

Sejak dirilis tahun 2018, film ini langsung viral di Amerika. Bahkan jadi salah satu fim box office. Banyak juga kritikus film memuji ide ceritanya, yang memang unik dan mengandung nilai kecerdasan tingkat tinggi.

 

Zodiac (2007)

 

Film besutan sutradara David Fincher, yang mempertontonkan penyelidikan detektif berbumbu thriller. Zodiak berdasarkan peristiwa nyata perihal pembunuhan berantai yang sarat teror di San Francisco, Amerika.

Salah satu film misteri terbaik yang melibatkan detektif ini memang ceritanya bikin penasaran penonton. Maklum, sang pembunuh sulit sekali terdeteksi identitasnya oleh Inspector David Toschi (Mark Ruffalo). Ia mesti bekerja sama dengan Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) seorang kartunis, yang membantu dalam penyelidikan pembunuhan. Di film ini ada aktor pemeran Sherlock Holmes, yakni Robert Downer Jr. Tapi jadi siapakah dia?

 

Shutter Island (2010)

 

Entah mengapa, sutradara kondang Martin Scorsese selalu bermitra dengan aktor Leonardo DiCaprio dalam proyek-proyek filmnya, termasuk untuk Shutter Island.

Mungki akting DiCaprio yang paling pas dengan tokoh utama  film ini, yakni marsekal Edward Daniels yang harus menyelidiki pasien rumah sakit jiwa di Pulau Shutter, bernama Solando, yang ditahan karena membunuh tiga anaknya. Namun, di pulau misterius tersebut, Edward malah merasa jadi gila, berhalusinasi, apalagi setelah bertemu dengan psikater di sana.

Selain DiCaprio, aktor yang terlibat dalam Shutter Island adalah Mark Ruffalo (aktor pemeran Hulk), dan Ben Kingsley (pemeran film Gandhi). Kamu yang ingin berumit-rumit memikirkan penyelidikan, tonton saja film ini dan tebak siapa sesungguhnya sebagai penjahat utama.

 

Mystic River (2003)

 

Inilah salah satu film terbaik aktor kahot, Sean Pean dan Tim Robbin. Sean malah diganjar Piala Oscar atas aktingnya yang  menawan dalam film ini. Mistic River digarap sineas senior Clint Eastwood. Karena dia lah, film detektif ini bertabur puji dari para kritikus film.

Kisahnya tentan penyelidikan pembunuhan yang menewaskan gadis yang diduga ditenggelamkan di sebuah sungai. Penyelidikan begitu rumit karena bukti-buktinya tak kuat.

 

Memento (2000)

 

Karya sinema ini  mengawali Christopher Nolan sebagai sutradara langganan film-film box office dengan cerita menarik. Plotnya yang bolak-balik membuat film thriller psikologis ini terlihat berbeda daripada film detektif pada umumnya.

Kisahnya tentang Leonard Shelby (Guy Preace), yang puny dendam kesumat membunuh sejumlah orang yang pernah mematikan istri tercintanya. Anehnya, Shelby melakoni pembunuhan dnegan cara tak lazim. Penyakit mentalnya selalu kambuh dan bereaks secar tak terduga agar lepas dari penyelidikan para detektif.

 

The Silence of The Lambs (1991)

 

Karena film inilah kiprah Jodie Foster kian melejit sebagai aktris berbobot. Pasalnya, dia menggondol Piala Oscar sebagai Aktris Utama Terbaik bersanding dengan Anthony Hopkins sebagai Aktor Utama Terbaik dalam film ini. Karakter utama, Hanibal Lecter pun jadi ikonik berkat akting brilian Hopskins, yang sangat pas memerankan pembunuh cerdas nan berbahaya.

Kisahnya tentang penyelidikan detektig dari FBI, bernama Clarice Starling untuk meiniterorasi pesakitan di penjara bernama Hanibal Lecter. Clarice ini menggali informasi terkait kasus pembunuhan berencana yang sulit dipecahkan.

 

Se7en (1995)

 

Selain film detektif Zodiac, sutradara David Fincher berhasil mempertontonkan kejeniusannya menggarap film detektig lainnya, yakni Se7en. Dengan ciri khas penggambaran adegan cenderung gelap, Fincher menarasikan duet detektif  David Mills (dilakoni Brad Pitt) dan William Somerset (dimainkan oleh Morgan Freeman). Mereka harus mengungkap kasus pembunuhan berantai yang diduga pelakuknya seorang psikopat.

Tensi thriller bercampur baur dengan penyelidikan yang rumit menjadikan film Se7en termasuk paling cemerlang dalam memperlihatkan kerja detektif penuh tekanan psikologis, yang berpotensi jadi saling membunuh antar rekan.

 

Penutup

Di negera-negara maju seperti Amerika dan Inggris peran detektif dalam kisah nyata sangatlah membantu publik, yang ingin mengungkap persoalan misterius, terutama soal pembunuhan, penganiayaan, pencemaran nama baik, maupun terkait kasus korupsi.

Oleh karena itu, film yang kami sajikan tadi merupakan refleksi nyata tindak-tanduk detektif, yang memang menarik untuk dicermati. Sepertinya, film detektif semacam itu, apakah secara nyata ada di Indonesia? Sepertinya masih mustahil ya. Toh sampai sekarang, tak pernah ada detektif swasta yang ikut menyelidiki kasus-kasus rumit, yang seringkali terjadi di Indonesia, dan malah kasunya perlahan redup begitu saja.

MAU STREAMING VIDEO DENGAN INTERNET LANCAR,
TINGGAL PILIH SAJA, VPN MANTAP ATAU MOOVE VPN,
YANG TERSEDIA DI PLAYSTORE DI BAWAH INI

 

Google Play

Google Play