Rekomendasi Film Komedi Terbaik, Anti Galau

film komedi terbaik

Film komedi biasanya sarat adegan dan dialog kocak. Ceritanya memancing tertawa ngakak. Menariknya, ada beberapa film komedi terbaik, yang mendapatkan pujian dari kritikus film.

Film komedi biasanya sarat adegan dan dialog kocak. Ceritanya memancing tertawa ngakak. Menariknya, ada beberapa film komedi terbaik, yang mendapatkan pujian dari kritikus film.

Para produser berkolaborasi dengan penulis skenario, serta sutradara merancang produksi film komedi agar penonton bahagia, tertawa, serta melupakan sementara kesedihan maupun perasaan duka lara. Tak heran, biasanya film komedi menarasikan pengisahan ringan, menghibur sekaligus memancing kesenangan.

Genre film komedi secara jenaka biasanya melebih-lebihkan situasi alias hiperbolis melalui penyajian berkata-kata, aksi, dan karakter para pemainnya. Misalnya film komedi Barat. Ceritanya seringkali berujung happy ending meskipun mungkin mengandung pesan serius atau malah ironis yang pesimistis.

Banyak sudah film komedi Hollywood diproduksi. Tapi sebelum Hollywood berkembang sebagai bagian dari industri sinema yang mendunia, secara historis, film komedi muncul sejak tahun 1895 melalui film pendek bisu bertajuk L’Arroseur Arrosé, hasil kreasi sutradara Louis Lumière. Film ini berdurasi pendek, cuma 45 detik. Meski begitu, film yang berjudul lain The Waterer Watered dan The Sprinkler Sprinkled itu harus diakui sebagai tonggak kemunculan film pendek era selanjutnya.

Berkat peran L’Arroseur Arrosé, beberapa sutradara pun mengikuti jejak Lumiere untuk memproduksi film-film komedi. Bahkan sepanjang sejarahnya hingga kini, bermunculan film komedi terlucu.

Salah satu buktinya yang paling sahih adalah kehadiran pelawak Charlie Chaplin yang kian mewarnai blantika film komedi. Pelawak legendaris ini rata-rata memamerkan adegan konyol, kocak, bahkan tak masuk akal alias absurd.

Mungkin hanya orang tak waras ogah tertawa menonton film komedi. Sebab, ya mungkin kewarasannya terkuras karena terlalu sering tertawa sendiri.

Nah, pasti kamu yang tergolong masih normal ‘kan, pasti suka dengan rekomendasi film komedi yang kami sajikan ini. Adakah menurutmu film lucu yang pernah mengobati perasaan galau tak menentu? Yuk kita simak saja.

Rekomendasi Film Komedi Terbaik

Dumb And Dumber (1994)

 

Inilah salah satu film kocak pemancing ngakak yang tenar pada tahun 90-an. Pemeran utamanya, duet Jim Carrey dan Jeff Daniels, Meskipun komedi slapstik cenderung klise, toh Dumb And Dumber menjadi salah satu film komedi terlucu hingga kini. Faktanya, film ini dibikin sekuelnya dengan judul Dumb and Dumber To (dirilis tahun 2014.

Kisah Dumb And Dumber tentang seorang supir yang tiba-tiba jatuh cinta pada wanita yang membawa uang tebusan. Sang supir bernama Llyod mencoba mengembalikan uang tersebut sekaligus jadi modus untuk menarik perhatian pada wanita tersebut. Tapi, malah perjuangan Llyod berujung pada ancaman para penjahat, yang mengejarnya secara konyol.

 

Borat (2006)

 

 

Ini dia film komedi istimewa! Film yang mengandalkan tokoh bernama Borat Sagdiyev (dimainkan demikian gemilang oleh Sacha Baron Cohen). Sejak rilis tahun 2006, Borat menjadi salah satu sinema komedi terpopuler pada abad milenial ini.

Kisahnya tentang Borat orang Kazakhtan yang berkelana ke Amerika. Tapi sampai di sana, dia mengalami gegar budaya. Tingkah lakunya yang lugu sekaligus kocak sering memancing tawa dari para penonton yang menyaksikan tindak-tanduknya menyikapi gaya hidup orang Amerika.

 

Tropic Thunder (2008)

 

Menarik juga ya, ketika film komedi masuk nominasi penghargaan sekelas Academy Award. Tapi ini fakta, sang aktor, Robert Downey Jr yang melakoni karakter Kirk Lazarus masuk nominasi penghargaan bergengsi itu pada tahun 2009.

Film kocak berlatar syuting perang ini disutradarai Ben Stiller, yang juga dikenal sebagai pelawak cerdas. Pemain dalam film ini selain Ben Stiller dan Robert Downer Jr, ada juga Tom Cruise dn Jack Black.

Kisahnya perihal sejumlah aktor yang syuting film perang. Lantaran mereka selalu berbuat konyol, berdampak pada sang sutradara yang tewas terperangkap ranjau di belantara. Karena merasa berdosa kepada sutradara itu, para aktor ini pun meneruskan syuting film tersebut dengan cara serampangan dan memunculkan banyak adegan kocak.

 

The Hangover (2009)

 

The Hang Over layak juga masuk deretan film komedi terbaik. Faktanya, film ini diproduksi sekuelnya yang rilis tahun 2009. Film ini digarap oleh sutradara Todd Phillips, yang sukses dalam film Joker versi Jaquain Phoenix. Sedangkan pemainnya antara lain, Bradley Cooper, Zach Galifianakis, Ed Helms, Justin Bartha, dan si seksi Heather Graham.

Kisahnya tentang perjalanan empat sahabat karib. Tiga di antaranya mengalami kejadian aneh setelah mabuk-mabukan dalam acara pesta bujang. Mereka linglung, berkeliling kota untuk menemukan satu temannya yang hilang. Padahal dia akan segera menikah. Kejadian inilah yang membuat persahabatan mereka diwarnai aksi konflik konyol.

 

Spy (2015)

 

Spy terbilang film spesial untuk aktor Jason Statham. Maklum, biasanya dia berperan sebagai jagoan adu jotos juga ahli tembak. Tapi dalam film ini, Statham benar-benar harus mengeluarkan gaya humor, yang terkadang ngelantur.

Kisahnya tentang mata-mata perempuan lucu bernama Susan Cooper (diperankan Mellisa McCarthy), yang menolong agen CIA, yakni (Bradley Fine (Jude Law). Keduanya bahu-membahu untuk membongkar rencana peledakan bom kimia oleh penjahat, salah satunya Rick Ford (Jason Statham).

 

The Grand Budapest Hotel (2014)

 

Tak pelak, meski film ini sering memancing tertawa ngakak, ternyata jangan  dianggap sebagai sinema remeh. The Grand Budapest Hotel layak masuk film komedi terbaik sepanjang masa. Kreasi besutan sutradara Wes Anderson ini menggondol 4 Piala Oscar tahun 2004 untuk kategori: Costum Terbaik, Make Up dan Gaya Rambut Terbaik, Desain Produksi Terbaik, juga Scoring Musik Terbaik.

The Grand Budapest Hotel adalah film komedi dengan cerita unik berlatar setting klasik. Kisahnya mengenai riwayat sejarah para pewaris hotel The Grand Budapest. Pengurus hotel mewah itu, yang bernama Monsieur Gustave (dilakoni oleh aktor Ralph Fiennes) doyan berkencan dengan para wanita jelang paruh baya, salah satunya bernama Madam D.

Kisah yang seharusnya menegangkan, justru ketika kamu menonton film ini, banyak homor satiris, yang dibumbui dialog-dialog jenaka para tokohnya, yang bertampang sok serius.

 

School of Rock (2003)

 

Kamu penyuka musik rock sekaligus komedi? keterlaluan melewatkan film kocak ini. Apalagi pemeran utamanya adalah Jack Black, yang berperan sebagai Dewey Finn. Sebagai pemain band, Dewey sempat frustasi karena dipecat jadi anggota band. Lantaran finansialnya mulai ngedrop, Dewey nekad menyamar untuk menggantikan sahabatnya, yang bekerja sebagai guru.

Dewey semula bosan karena pihak  sekolah menerapkan sistem pengajaran yang monoton dan kurang kreatif. Maka Dewey pun membuat terobosan baru. Dia mengajak murid-muridnya menjadi anak band, yang memainkan lagu-lagu rock dari band-band terkenal.

Film ini terbilang unik. Sosok guru yang diperankan Jack Black sungguh menguatkan jalan cerita film ini terasa konyol, kocak, tetapi pada adegan-adegan tertentu berhasil menyentuh hati.

 

Baby’s Day Out (1994)

 

Apa jadinya kalau ada bayi yang sebenarnya  target penculikan, malah jadi merepotkan penculiknya itu sendiri? Penasaran dengan ceritanya? Tonton saja film salah satu film komedi terlucu sepanjang masa ini.

Film drama komedi lawas kreasi Patrick Read Johnson ini tidak menggembar-gemborkan adegan dengan visual effect berlebihan. Cukup mengandalkan bayi lucu, yang berjalan ngorondang (merangkak) sampai mampu memanjat menara. Terkesan berlebihan memang. Tapi itulah pemicu kelucuan film ini.

Trio aktor bermuka komikal, yaitu Joe Mantegna, Lara Flynn Boyle, Joe Pantoliano berhasil memancing gelak tawa penonton saat mereka beraksi jadi penjahat yang terus-menerus dibodohi sang bayi yang terkesan “sakti bin ajaib.

Tiga karakter konyol yang dimainkan mereka persis dengan pemeranan kocak dua penjahat dalam film Home Alone pertama. Sama-sama dikerjain oleh bocah.

BACA JUGA: Rekomendasi Film Raditya Dika Bikin Kamu Suka

Penutup

Semua film komedi terbaik yang kami rekomenasikan ini mengusung jalan cerita yang khas dan masing-masing memiliki kekuatan tersendiri, terutama dari penulisan skenario, aktor dan aktrisnya, juga gaya penyutradaraannya.

Dengan menonton film komedi Barat, kamu akan menemukan aneka kelucuan segar, yang sering berbeda dengan gaya lelucon film-film Indonesia.

So, kamu yang masih galau, tonton saja film-film komedi tersebut. Nantikan juga ulasan kami tentang rekomendasi film komedi Indonesia.

MAU STREAMING VIDEO DENGAN INTERNET LANCAR,

TINGGAL PILIH SAJA, VPN MANTAP ATAU MOOVE VPN,

YANG TERSEDIA DI PLAYSTORE, KLIK SAJA DI BAWAH INI

 

Google Play

Google Play