Telenovela Adalah: Rekomendasi Telenovela Jadul. Nostalgia Anak 90-an!

telenovela adalah

Tahukah kamu, sebelum maraknya drama Korea ada serial televisi yang sangat hits untuk anak-anak era 90-an. Ya, Telenovela dahulu sebagai hiburan yang biasanya di putar pagi dan sore hari. Ibu-ibu serta anak-anak pasti sangat menanti-nantikan karena ceritanya yang menarik didukung pemainnya yang cantik dan tampan.

Telenovela adalah satu sebutan untuk sebuah serial televisi bergenre melodramatis yang hampir seluruhnya berakhir dengan happy ending. Dikembangkan secara luas di Amerika latin, dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Durasi penyiarannya sekitar satu jam dalam chapter harian.

Judul Telenovela Paling Hits di Zamannya

Sama halnya sinetron, ada peran protagonis yang biasanya di “siksa” oleh peran antagonis. Cerita yang sangat berkembang dan membuat penasaran, menjadikan Telenovela punya tempat tersendiri di hati penonton. Bahkan sampai sekarang, tidak bisa lupa akan deretan judul di bawah ini yang membuat siapa pun bernostalgia.

1. Marimar

Di deretan pertama ada Telenovela berjudul Marimar. Tayang sekitar tahun 2000-an di salah satu stasiun televisi swasta. Marimar yang diperankan oleh Thalia, yaitu gadis miskin yang lugu dan tinggal di gubuk tepian pantai. Ia memiliki anjing yang bisa berbicara seperti manusia bernama Pulgoso.

Marimar menyukai seorang pria anak dari keluarga petani kaya bernama Sergio. Mengangkat kisah klasik percintaan antara si kaya dan si miskin, Marimar dan Sergio melalui rintangan dan halangan, hingga akhirnya menikah.

2. Telenovela: Rosalinda

Selanjutnya ada telenovela berjudul Rosalinda yang masih dibintangi oleh Thalia. Rosalinda tayang di salah satu stasiun tv swasta mulai dari akhir 90an hingga awal 2000an. Kisah dari telenovela ini menjadi favorit mulai dari remaja wanita dan ibu-ibu.

Rosalinda mengisahkan seorang gadis penjual bunga yang bernama sama dengan judul telenovela ini. Kisah percintaannya dengan Fernando Jose begitu rumit, membuat penonton selalu menantikan chapter selanjutnya setiap hari.

3. Maria Cinta yang Hilang

Masih dibintangi oleh Thalia, kali ini dengan judul Maria Cinta yang Hilang. Thalia berperan sebagai Maria si pemulung sampah. Salah satu yang menarik dari telenovela adalah kisah percintaannya. Di sini Maria jatuh cinta pada pria kaya bernama Luis Fernando yang diperankan Fernando Colunga.

4. Cinta Paulina

Selanjutnya judul menarik dari telenovela adalah Cinta Paulina. Telenovela yang dibintangi Gabriela Spanic ini menjadi salah satu tontonan wajib di era 90an.

Jalan cerita yang penuh drama percintaan dan kehidupan didukung  para pemain cantik dan tampan, sukses menyihir penonton. Cinta Paulina berkisahtentang Paola dan Paulina, kakak beradik kembar yang bertukar identitas.

5. Betty La Fea

Kali ini menceritakan kisah yang cukup anti-mainstream. Jauh dari kesan cantik, Betty La Fea digambarkan sebagai perempuan yang berpenampilan polos berkacamata tebal juga berkawat gigi. Kisah ini memberikan pesan bahwa faktor dalam percintaan tidak melulu soal penampilan fisik.

Telenovela Kisah Remaja dan Anak-anak yang Menggemaskan

Selain kisah percintaan orang dewasa, berikut adalah telenovela remaja dan anak-anak yang tak kalah seru. Yuk bernostalgia!

1. Carita De Angel

Sipirili! Anak 90-an pasti ingat kata-kata ini. Telenovela ini menceritakan seorang anak perempuan yang kehilanganan ibunya sejak kecil. Ia adalah Dulce Maria yang diperankan oleh Daniela Aedo.

Setelah sang ibu meninggal dunia, Dulce Maria hanya tinggal bersama ayah dan tantenya. Tingkahnya yang  menggemaskan, membuat Dulce Maria disenangi oleh penonton.

Saat ada masalah atau kesepian, ia selalu mengunjungi ibunya yang telah menjadi peri di gudang sekolah. Namun ia juga dikelilingi orang-orang yang sangat menyayanginya seperti suster Ceci dan Tante Rambut Palsu.

2. Telenovela: Maria Belen

Telenovela yang ditunggu-tunggu selanjutnya adalah Maria Belen. Dengan ciri khas rambut keriting kuncir dua, Maria Belen sukses menarik hati penonton.

Maria Belen menceritakan seorang gadis kecil berusia enam tahun yang harus hidup menghadapi pamannya yang jahat. Ulah pamannya itu juga yang membuat orang tua angkatnya mengalami kecelakaan.

3. Amigos x Siempre

Telenovela rejama ini paling ditunggu oleh kaum 80 atau 90-an. Menceritakan tentang kehidupan anak sekolahan, Amigos populer dengan peran utama Ana dan Pedro. Dengan adanya penampilan musikalisasi membuat series ini semakin meriah.

4. Aventuras En El Tiempo

Aventuras En El Tiempo dimainkan oleh pemeran Ana dan Santiago pada telenovela Amigos X Siempre. Menceritakan tentang gadis bernama Violeta yang tinggal bersama sang paman dan menemukan mesin waktu ciptaan kakeknya di rumah sang nenek. Mesin waktu ini bisa membawa orang ke periode yang berbeda-beda.

5. Impian Chabelita

Impian Chabelita  atau dengan nama lain Gotita de Amor menjadi judul telenovela terakhir di list ini. Merupakan hasil remake dari drama televisi asal Brazil, Impian Chabelita menarik perhatian pemirsa kala itu dengan kisahnya yang mengharukan.

Menceritakan Chabelita yaitu seorang gadis kecil yatim piatu yang tak pernah mendapatkan kasih sayang orang tua. Mendengar orang tuanya masih hidup, membuat ia kabur dari panti asuhan. Lalu ia terdampar di rumah seorang pemuda miskin bernama Jesus Garcia. Di sinilah Chabelita mulai merasakan kasih sayang keluarga.

Demikian nostalgia dengan judul-judul telenovela jadul. Jika telenovela di atas diputar kembali, mungkin masih banyak yang akan menonton. Karena memang seseru itu ceritanya. Kalau kamu, pilih judul apa?